Sekolah Azzam menyediakan program asesmen dari psikolog secara berkala. Karena sekolah itu adalah sekolah Anak Berkebutuhan Khusus, psikolog merupakan mitra yang tak dapat dipisahkan . Jadwal Azzam bertemu psikolog di bulan Oktober 2024.
Aku mengantar Azzam hanya sampai di pintu ruangan. Dia sendiri di tes di dalam sana untuk melihat sejauh mana perkembangannya.
Bertemu psikolog bukan pertama bagi Azzam. Saat usianya menjelang 3 tahun, dimana kami pertama membawanya konsul di klinik My Lovely Child Padang. Pada saat itu kami bertanya apakah ada dugaan autisme pada Azzam? psikolognya bilang bisa jadi namun persentasenya kecil. Namun perlu deteksi lebih lanjut, sembari itu kami disarankan mengikutkan Azzam terapi.
Selang waktu Azzam berganti tempat terapi, kami selalu didahului bertemu psikolog.
Psikolog kedua mendeteksi Azzam ADHD atau hiperaktif. Mungkin juga karena usianya masih dibawah 5 tahun masih sangat aktif /bahasa medannya 'Lasak'
nah, saat bertemu psikolog ketiga di Januari Tahun 2024 malah psikolog yang berbeda mengatakan Azzam tidak hiperaktif,tapi dugaannya hanya gangguan fokus.Memang Azzam telah berusia 6 tahun dan kami pun merasakan dia semakin tenang ,apakah pengaruh terapi atau memang usianya yang semakin bertambah sehingga aspek perkembangannya perlahan stabil.
Di SLB 1 ini, sesudah Azzam di tes oleh psikolog aku sebagai orangtuanya dipanggil untuk konsultasi. yang kutanyakan masih sama, apakah Azzam masih ada indikasi autisme (walaupun persentasenya kecil) atau apakah memang ADHD? psikolog tidak memastikan keduany. Malah ada info baru, psikolog menceritakan tentang gejala PDD NOH, aku yang baru pertama kali mendengar memperdalam info melalui google. Pengamatan psikolog melihat gejala ini ada pada Azzam. Hasil asesmen ini akan berguna bagi pihak sekolah khususnya guru dalam merancang pembelajaran untuk anak.
Apa itu PDD NOH? dibawah ini hasil kutipanku dari google:
Pervasive Developmental Disorder atau PDD adalah gangguan perkembangan yang ditandai dengan adanya kerusakan yang meluas atau cukup parah di beberapa area dari pengembangan: keterampilan interaksi sosial dua arah, kepiawaian dalam berkomunikasi, atau munculnya perilaku, aktivitas, dan ketertarikan tertentu yang tergolong stereotip. Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified atau PDD-NOS merupakan salah satu subtipe gangguan autisme yang umumnya menyebabkan kesulitan dalam belajar berbahasa dan berkomunikasi dengan sesama
Apapun itu, psikolog yang memiliki ilmu terkait perkembangan anak, kita sebagai orangtua mengikuti sarannya agar kelak tidak menyesal. Untuk hasil asesmen kali ini aku bertanya apakah Azzam sudah memungkinkan pindah ke sekolah umum bersama anak non ABK? saran psikolog jangan dulu, atau kalau mau pindah harus tetap memakai guru pendamping (Shadow Teacher)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar